Coretan-coretan sang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang......

Jumat, 14 Maret 2014

Idhofah Ma'nawiyyah Wa Lafdhiyyah

IDHOFAH MA’NAWIYYAH WA LAFDHIYYAH
MAKALAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata kuliah: Nahwu 1
Dosen pengampu: Ahmad Zuhrudin, M.Ag



Disusun Oleh:
1.     Ahmad Abidin                                          (113211017)
2.     Any Fikriya Nita P.S                               (113211018)                          

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2012


                            I.               PENDAHULUAN
Bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’an dan al-Hadits. Karena al-Qur’an dan al-Hadits yang disajikan kepada kita menggunakan bahasa Arab, dan untuk memahami isi kandungannya jelas tidak semudah yang kita bayangkan, tentunya kita harus menguasai bidang-bidang keilmuan tertentu.
Sehubungan dengan hal diatas sebagai langkah awal kita harus mempelajari terlebih dahulu ilmu nahwu-sharaf. Nahwu-sharaf adalah sebuah cabang ilmu yang bisa memahami gramatika bahasa Arab yang merupakan bahasa al-Qu’an, al-Hadits dan bahasa kitab-kitab warisan para ulama’ terdahulu.
Setelah kemarin kita mempelajari bab nakiroh dan ma’rifat, kali ini,dan di makalah ini juga  kita akan mempelajari dan membahas tentang idhofah, yang meliputi definisi dan macam-macamnya.

                         II.               RUMUSAN MASALAH
A.    Apa pengertian idhofah ?
B.     Apa saja macam-macam idhofah ?

                      III.               PEMBAHASAN
A.    Pengertian idhofah

Idhofah adalah menggabungkan dua kalimat isim dengan tujuan mema’rifatkan isim yang pertama dengan isim yang kedua atau mengkhususkan isim pertama dengan yang kedua.[1]
     Isim yang yang pertama disebut mudhof. Dan isim yang kedua disebut mudhof ilaih. Isim yang pertama (mudhof ) tidak boleh diberi tanwin dan tidak di ma’rifatkan dengan al, dan bisa dibaca rafa’, nashab, dan jer, sedangkan isim yang kedua ( mudhof ilaih ) selamanya dibaca jer.
Contoh:
Yang dibaca rafa’ : جَاءَغُلاَمُ زَيْدٍ
Yang dibaca nashab         : رَأَيْتُ غُلاَمَ زَيْدٍ
Yang dibaca jer     : مَرَرْتُ بِغُلاَمِ زَيْدٍ

B.     Macam-macam idhofah
1.      Idhofah ma’nawiyyah (mahdhoh)
إضافة المعنوية هى أن يكون المضاف غيرصفة مضافة إلى معمولا لها.

Yaitu idhofah yang mudhofnya bukan berupa isim sifat dan mudhof ilaihnya bukan ma’mulnya isim sifat tersebut.[2]
Contoh: غُلاَمُ زَيْدٍ , كاَتِبُ الْقاَضِى

Idhofah ma’nawiyyah ( mahdhoh ) juga menyimpan beberapa ma’na, yaitu:
a.       Menyimpan ma’nanya min مِنْ ) , bila mudhof ilaih jinisnya mudhof. contoh : بَابُ سَاجٍ
b.      Menyimpan ma’nanya fi (فى ) , bila mudhof ilaih tempat/ zamannya mudhof. Contoh : مَكْرُاللَّيْلِ
c.       Menyimpan ma’nanya lam (لام ) yang mengandung arti kepemilikan atau ikhtishos , bila tidak patut menyimpan ma’nanya min atau fi. Contoh : غُلَامُ زَيْدٍ

Adapun hukumnya idhofah ma’nawiyyah (mahdhoh) :
a.       Mudhof  harus disepikan dari tanwin, nun tasniyah , dan jama’.
Contoh: اَبَوَا عَمْرٍو ( تثنية ) , كاَتِبُوْالْقَاضِى ( جمع ).
b.      Mudhof  tidak boleh di masuki al secara mutlak
c.       Bisa berfaidah takhsis atau mema’rifatkan mudhof bila mudhof ilaihnya berupa isim ma’rifat.
Contoh: عَفِيْفُ الدِّيْنِ
d.      Berfaidah takhsis bila mudhof  ilaihnya nakiroh.[3]
Contoh:  زَوْجُ مَرْأَةٍ

2.      Idhofah lafdhiyyah ( ghairu mahdhoh )
إضافة اللفظية هي أن يكون المضاف صفة مضافة إلى ماكان معمولا لها.

Yaitu idhofah yang mudhofnya berupa isim sifat (isim fail, isim maf’ul, isim sifat musybihat ), sedangkan mudhof  ilaihnya merupakan ma’mulnya.
Contoh : حَسَنُ الْوَجْهِ

Hukumnya idhofah lafdhiyyah (ghairu mahdhoh ) :
a.       Mudhof  harus disepikan dari tanwin, nun tasniyah , dan jama’.
Contoh: ضَارِبَازَيْدٍ , ظَالِمُوْانَفْسِهِمْ
b.      Mudhof selamanya di hukumi nakiroh walaupun mudhof ilaihnya ma’rifat.
Contoh : بَالِغَ الْكَعْبَةِ
c.       Mudhof boleh di masuki al apabila :
1)      Mudhof ilaih juga di masuki al, contoh : اَلضَّارِبُ الرَّجُلِ
2)      Mudhof ilaih di idhofahkan pada isim yang di masuki al.
Contoh: اَلضَّارِبُ رَأْسِ الرَّجُلِ
3)      Mudhofnya berupa isim tasniyah atau jama’ mudzakar salim[4]
Contoh : اَلضَّارِبَازَيْدٍ ( تثنية ) , اَلضَّارِبُوْعَمْرٍو (جمع مذكرسالم )

Bila tidak termasuk salah satu di atas maka tidak boleh. Seperti lafadz ضَارِبُ رَجُلٍ , tidak boleh di ucapkan اَلضَّارِبُ رَجُلٍ
أهمية اللغة العربية             
إِِنَّ َأَهَمِّيِّةَ اللغةِ العربيةِ تنبع من نواحٍ عدّةٍ؛ أَهَمُّهَا: ا!ِرْتِبَاطُهَا الوَثِيق بِالدِيْنِ الإسْلَامِي والقرآن الكريم، فقد اصطفى الله هذه اللغة من بين لغات العالم لتكون لغة كتابه العظيم و لتنزل بها الرسالة الخاتمة {إنا أنزلناه قرآنا عربيا لعلكم تعقلون}، و من هذا المنطلق ندرك عميق الصلة بين العربية و الإسلام، كما نجد تلك العلاقة على لسان العديد من العلماء ومنهم ابن تيمية حين قال: " معلوم أن تعلم العربية و تعليم العربية فرضٌ على الكفاية ". وقال أيضا " إن اللغة العربية من الدين، ومعرفتها فرض واجب، فإن فهم الكتاب و السنة فرضٌ، و لا يفهم إلا باللغة العربية، وما لايتم الواجب إلا به، فهو واجب "، ويقو الإمام الشافعي في معرض حديثه عن الابتداع في الدين " ما جهل الناس، ولا اختلفوا إلا لتركهم لسان العرب "، وقال الحسن البصري - رحمه الله- في المبتدعة " أهلكتهم العجمة ". كما تتجلى أهمية العربية في أنها المفتاح إلى الثقافة الإسلامية و العربية، ذلك أنها تتيح لمتعلمها الإطلاع على كم حضاري و فكري لأمّة تربّعت على عرش الدنيا عدّة قرون، وخلّفت إرثاً حضارياً ضخما في مختلف الفنون وشتى العلوم.

 IV.            KESIMPULAN
1.    Idhofah adalah menggabungkan dua kalimat isim dengan tujuan mema’rifatkan isim yang pertama dengan isim yang kedua atau mengkhususkan isi pertama dengan yang kedua.
2.    Isim yang pertama disebut mudhof, dan yang kedua disebut mudhof ilaih.
3.    Idhofah dibagi menjadi dua, yaitu :
a.    Idhofah ma’nawiyyah atau mahdhoh
b.    Idhofah lafdhiyyah atau ghairu mahdhoh


    V.            PENUTUP
Demikianlah makalah yang dapat kami paparkan kepada saudara. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mensukseskan pembuatan makalah ini, jazakumullahu ahsanal jaza. Tak lupa permohonan maaf kami haturkan kepada saudara atas kekhilafan-kekhilafan dalam makalah ini. Kritik dan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini pada khususnya, dan makalah selanjutnya pada umumnya. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat.

DAFTAR PUSTAKA

Muhammad, Al Allamah, Syarah Tukhfatul Akhbab, Surabaya: Alharamain, T.th

Muhammad, Judan Mabruk, Al kunnas fi an-nahwi wa at-tashrif, Al qahirah:                Maktabul Adab, 2005

Qadamain, Ibnul, Risalatul Aqlam, Rembang: Ma’had ad-din al-anwar, T.th





                [1] Al allamah muhammad bin muhammad umar alchadromi, Syarah Tukhfatul Akhbab, (Surabaya: Alharomain, T.th), hlm. 14-15.
                [2] Judah Mabruk Muhammad, Al kunnas fi an-nahwi wa at-tashrif, (Al qahirah: Maktabatul Adab, 2005), hlm. 149-151.
[3] Ibnul qadamain, Risalatul Aqlam, (Rembang: Ma’ had ad-din al-Anwar, T.th), hlm. 69-70.
[4] Ibid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar