Coretan-coretan sang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang......

Senin, 17 Maret 2014

Naaibul Fail

Naaibul Fail

I.         PENDAHULUAN

تَعَلَّمُوا الْعَرَبِيَّةَ وَعَلِّمُوْهَا النَّاسَ
“Belajarlah bahasa arab dan ajarkanlah kepada manusia” begitulah bunyi sebuah Hadits yang menganjurkan kita untuk belajar tentang Bahasa Arab, didalam ilmu Bahasa Arab terdapat bermacam-macam materi yang harus kita untuk mengetahuinya.
Setelah kita mempelajari bab jumlah fi’lliyah yaitu tentang pembahasan fi’il dan fa’il,  dalam makalah ini akan dijelaskan tentang cabang Ilmu Nahwu mengenai Naa’ibul Faa’il, yaitu cabang dari jumlah fi’liyah, baik definisi maupun pembagiannya dan lain-lain yang berkaitan dengan materi ini.

II.   RUMUSAN MASALAH
A.       Apa pengertian Naa’ibul Faa’il?
B.       Apa saja Macam macam Naa’ibul Faa’il?

III. PEMBAHASAN
A.       Pengertian Naa’ibul Fail

 وهو الإسم المرفوع الذى لم يذكر معه فاعله فإن كان الفعل ماضيا ضم أوله وكسر ما قبل أخره وإن كان مضارعا ضم اوله  وفتح ما قبل أخره

Naa’ibul Fail adalah isim yang dibaca rofa’ yang fa’ilnya tidak disebutkan bersamanya. Jika fi’ilnya berupa fi’il madhi maka huruf yang pertama dibaca dhomah  dan huruf sebelum akhir dibaca kasroh, dan jika fi’ilnya berupa fi’il mudhori’ maka huruf yang pertama dibaca dhomah dan huruf sebelum akhir dibaca fathah[1]. Terkadang disebut juga sebagai al fi’lu al majhul dan terkadang dinamakan al fi’lu alladhi lam yusamma fa’iluhu[2] Contoh:

ضُرِبَ زَيْدٌ- يُضْرَبُ زَيْدٌ- أُكْرِمَ عَمْرٌ- يُكْرَمُ عَمْرٌ





Dalam hal ini kedudukan fail digantikan oleh maf’ul bih yaitu maful bih harus dirafa’kan serta tidak boleh dibuang dan wajib diakhirkan dari amil yang merafa’kannya seperti yang tertulis dalam Syarah Ibnu Aaqil:[3]

يحذف الفاعل ويقام مقامه فيعطى ما كان للفاعل من لزوم الرفع ووجوب التأخر عن رافعه وعدم جوازحذفه

Apabila mafu’l bihnya tidak ada maka dhorof atau masdar atau jer majrurlah yang menggantikan kedudukannya.[4] Contoh:

جُلِسَ اَمَامَكَ - صِيْمَ رَمَضَانَ– وَلَمَّ سُقِطَ فِي أَيْدِ يْهِمْ – فَإِذَا نُفِخَ فِى الصُّوْرِ نَفْخَةٌ وَحِدَةٌ

B.       Macam-macam Naa’ibul Fa’il
a.         Jika fi’ilnya didahului oleh ta’ muthowa’ah maka huruf yang dibaca dhomah yaitu huruf yang pertama dan kedua, contoh:
تَدَخْرَجَ- تُدُخْرِجَ/ تَكَسَّرَ- تُكُسِّرَ
b.        Apabila fi’il nya didahului oleh hamzah washol maka huruf yang dibaca dhomah huruf pertama dan ketiga, Contoh:

إِنْطَلَقَ- أُنْطُلِقَ / إِسْتَحْلَى- اُسْتُحْلِى

c.         Apabila fi’il nya berupa fi’il tsulasi yang mu’tal ain (ain fi’ilnya berupa huruf  illat) maka dalam  hal ini terdapat 3 macam cara membacanya yaitu:
1.        Dibaca kasroh, Contoh:

قَالَ- قِيْلَ / بَاعَ- بِيْعَ

2.        Dibaca dhomah, Contoh:

                                                                                  قَالَ- قُوْلَ / بَاعَ-  بُوْعَ



3.        Isymam Yaitu membaca antara harokat dhomah dan kasroh, Contoh:
وَقِيْلَ يَاأَرْضُ اَبْلَعِى مَاءَكِ وَيَاسَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيْضَ اْلمَاءَ

d.        Apabila fi’il tsulasi yang mu’tal ain yang disandarkan kepada dhomir mutakalim, dhomir mukhotob atau dhomir ghoib dalam hal ini dibagi 2:

a.         Apabila huruf illatnya wawu maka hanya boleh dibaca kasroh dan isymam,                Contoh:
                                                                                        صُمْتُ / صِمْتُ

b.        Apabila huruf illatnya berupa ya’ maka hanya boleh dibaca dhomah dan isymam, Contoh:
بُعْتُ / بِعْتُ

e.         Apabila fi’ilnya berwazan infa’ala/iftaala maka dalam hal ini hukumnya disamakan dengan lafadz ba’a yaitu boleh kasroh, dhomah atau isymam. Sedangkan huruf hamzah-hamzahnya disesuaikan dengan bacaan-bacaannya[5]. Contoh:

اِنْقَادَ : اُنْقُوْ دَ - اِنْقِيْدَ / اِخْتَارَ : اُخْتُوْرَ – اِخْتِيْرَ

$ygƒr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä |=ÏGä. ãNà6øn=tæ ãP$uÅ_Á9$# $yJx. |=ÏGä. n?tã šúïÏ%©!$# `ÏB öNà6Î=ö7s% öNä3ª=yès9 tbqà)­Gs? ÇÊÑÌÈ  =ÏGä. ãNà6øn=tæ ãA$tFÉ)ø9$# uqèdur ×nöä. öNä3©9 ( #Ó|¤tãur br& (#qèdtõ3s? $\«øx© uqèdur ׎öyz öNà6©9 ( #Ó|¤tãur br& (#q6Åsè? $\«øx© uqèdur @ŽŸ° öNä3©9 3 ª!$#ur ãNn=÷ètƒ óOçFRr&ur Ÿw šcqßJn=÷ès? ÇËÊÏÈ
z`Îiƒã Ĩ$¨Z=Ï9 =ãm ÏNºuqyg¤±9$# šÆÏB Ïä!$|¡ÏiY9$# tûüÏZt6ø9$#ur ÎŽÏÜ»oYs)ø9$#ur ÍotsÜZs)ßJø9$# šÆÏB É=yd©%!$# ÏpžÒÏÿø9$#ur È@øyø9$#ur ÏptB§q|¡ßJø9$# ÉO»yè÷RF{$#ur Ï^öysø9$#ur 3 šÏ9ºsŒ ßì»tFtB Ío4quysø9$# $u÷R9$# ( ª!$#ur ¼çnyYÏã ÚÆó¡ãm É>$t«yJø9$# ÇÊÍÈ  ¨bÎ) tûïÏ%©!$# (#rãxÿx. (#qè?$tBur öNèdur Ö$¤ÿä. `n=sù Ÿ@t6ø)ムô`ÏB NÏdÏymr& âäö@ÏiB ÄßöF{$# $Y6ydsŒ Èqs9ur 3ytGøù$# ÿ¾ÏmÎ/ 3 y7Í´¯»s9'ré& óOßgs9 ë>#xtã ÒOŠÏ9r& $tBur Nßgs9 `ÏiB tûïÎŽÅÇ»¯R ÇÒÊÈ
 * @ä. ÏQ$yè©Ü9$# tb$Ÿ2 yxÏm ûÓÍ_t6Ïj9 Ÿ@ƒÏäÂuŽó Î) žwÎ) $tB tP§ym ã@ƒÏäÂuŽó Î) 4n?tã ¾ÏmÅ¡øÿtR `ÏB È@ö6s% br& tA¨t\è? èp1uöq­G9$# 3 ö@è% (#qè?ù'sù Ïp1uöq­G9$$Î/ !$ydqè=ø?$$sù bÎ) öNçGZä. šúüÏ%Ï»|¹ ÇÒÌÈ ßƒÌãƒ ª!$# br& y#Ïeÿsƒä öNä3Ytã 4 t,Î=äzur ß`»|¡RM}$# $ZÿÏè|Ê ÇËÑÈ öqs9ur #ts? øŒÎ) (#qàÿÏ%ãr n?tã Í$¨Z9$# (#qä9$s)sù $uZoKøn=»tƒ ŠtçR Ÿwur z>Éjs3çR ÏM»tƒ$t«Î/ $oYÎn/u tbqä3tRur z`ÏB tûüÏZÏB÷sçRùQ$# ÇËÐÈ  
y7¯=yèn=sù 88Í$s? uÙ÷èt/ $tB #yrqムšøs9Î) 7,ͬ!$|Êur ¾ÏmÎ/ x8âô|¹ br& (#qä9qà)tƒ Iwöqs9 tAÌRé& Ïmøn=tã î\x. ÷rr& uä!$y_ ¼çmyètB î7n=tB 4 !$yJ¯RÎ) |MRr& ֍ƒÉtR 4 ª!$#ur 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« î@ŠÅ2ur ÇÊËÈ Ÿ@ŠÏ%ur ÞÚör'¯»tƒ ÓÉën=ö/$# Ï8uä!$tB âä!$yJ|¡»tƒur ÓÉëÎ=ø%r& uÙÏîur âä!$yJø9$# zÓÅÓè%ur ãøBF{$# ôNuqtFó$#ur n?tã ÄdÏŠqègø:$# ( Ÿ@ŠÏ%ur #Y÷èç/ ÏQöqs)ù=Ïj9 tûüÏJÎ=»©à9$# ÇÍÍÈ Ÿ@ŠÏ%ur ÞÚör'¯»tƒ ÓÉën=ö/$# Ï8uä!$tB âä!$yJ|¡»tƒur ÓÉëÎ=ø%r& uÙÏîur âä!$yJø9$# zÓÅÓè%ur ãøBF{$# ôNuqtFó$#ur n?tã ÄdÏŠqègø:$# ( Ÿ@ŠÏ%ur #Y÷èç/ ÏQöqs)ù=Ïj9 tûüÏJÎ=»©à9$# ÇÍÍÈ  t,Î=äz ß`»|¡RM}$# ô`ÏB 9@yftã 4 öNä3ƒÍ'ré'y ÓÉL»tƒ#uä Ÿxsù Âcqè=Éf÷ètGó¡n@ ÇÌÐÈ #sŒÎ*sù tÉ)çR Îû Íqè%$¨Z9$# ÇÑÈ ö@è% (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqߧ9$# ( cÎ*sù (#öq©9uqs? $yJ¯RÎ*sù Ïmøn=tã $tB Ÿ@ÏiHäq Nà6øn=tæur $¨B óOçFù=ÏiHäq ( bÎ)ur çnqãèÏÜè? (#rßtGôgs? 4 $tBur n?tã ÉAqߧ9$# žwÎ) à÷»n=t7ø9$# ÚúüÎ7ßJø9$# ÇÎÍÈ  z`ƒÏ%©!$#ur šcqçGÎ6tƒ óOÎgÎn/tÏ9 #Y¤fß $VJ»uŠÏ%ur ÇÏÍÈ  


IV. KESIMPULAN

1.      Naa’ibul fa’il adalah isim yang dibaca rofa’ yang fa’ilnya tidak disebutkan bersamanya Jika fi’ilnya berupa fi’il madhi maka huruf yang pertama dibaca dhomah  dan huruf sebelum akhir dibaca kasroh, dan jika fi’ilnya berupa fi’il mudhori’ maka huruf yang pertama dibaca dhomah dan huruf sebelum akhir dibaca fathah.
2.      Macam-macam naa'ibul fail:
a.       Jika fi’ilnya didahului oleh ta’ muthowa’ah maka huruf yang dibaca dhomah yaitu huruf yang pertama dan kedua
b.      Apabila fi’il nya didahului oleh hamzah washol maka huruf yang dibaca dhomah huruf pertama dan ketiga
c.        Apabila fi’il nya berupa fi’il tsulasi yang mu’tal ain (ain fi’ilnya berupa huruf  illat) maka dalam  hal ini terdapat 3 macam cara membacanya yaitu: Dibaca kasroh, dhomah,Isymam  (membaca antara harokat dhomah dan kasroh).

d.      Apabila fi’il tsulasi yang mu’tal ain yang disandarkan kepada dhomir mutakalim, dhomir mukhotob atau dhomir ghoib dalam hal ini dibagi 2 yaitu: apabila huruf illatnya wawu maka hanya boleh dibaca kasroh dan isymam,dan apabila huruf illatnya berupa ya’ maka hanya boleh dibaca dhomah dan isymam,

e.         Apabila fi’ilnya berwazan infa’ala/iftaala maka dalam hal ini hukumnya disamakan dengan lafadz ba’a yaitu boleh kasroh, dhomah atau isymam. Sedangkan huruf hamzah-hamzahnya disesuaikan dengan bacaan-bacaannya.

V.  PENUTUP
Demikianlah makalah yang kami susun, kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam menyusun makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pambaca.


DAFTAR PUSTAKA
Muhammad, Jamaluddin bin abdillah bin malik, Syarah Al Allamah Ibnu Aqil, Semarang: Pustaka Alawiyah, T.Th
As-Sonhaji, Muhammad bin Muhammad Daud, Al Ghuroru Al Baghiyyah Ala Matni Al jurumiyah Fi Ilmi An-Nahwi, Rembang: Madrasah Ghazaliyah As-Syafiiyyah, 1418 H

                               
                               




[1]  Muhammad bin Muhammad Daud As-Sonhaji, Al Ghuroru Al Baghiyyah Ala Matni Al jurumiyah Fi Ilmi An-Nahwi, (Rembang: Madrasah Ghazaliyah As-Syafiiyyah, 1418 H), hlm.28
[2]  Ibid, hlm.29
[3] Jamaluddin Muhammad bin abdillah bin malik, Syarah Al Allamah Ibnu Aqil, (Semarang: Pustaka Alawiyah, T.Th), hlm.69
[4]  Op.Cit, hlm.29
[5] Op.Cit, hlm.69-70

Tidak ada komentar:

Posting Komentar