Naaibul Fail
I.
PENDAHULUAN
تَعَلَّمُوا الْعَرَبِيَّةَ وَعَلِّمُوْهَا النَّاسَ
“Belajarlah bahasa arab dan ajarkanlah kepada manusia” begitulah
bunyi sebuah Hadits yang menganjurkan kita untuk belajar tentang Bahasa Arab,
didalam ilmu Bahasa Arab terdapat bermacam-macam materi yang harus
kita untuk mengetahuinya.
Setelah kita mempelajari bab jumlah fi’lliyah
yaitu tentang pembahasan fi’il dan fa’il, dalam makalah ini akan dijelaskan tentang
cabang Ilmu Nahwu mengenai Naa’ibul Faa’il, yaitu cabang dari jumlah
fi’liyah, baik definisi maupun pembagiannya dan lain-lain yang berkaitan dengan
materi ini.
II. RUMUSAN MASALAH
A.
Apa
pengertian Naa’ibul Faa’il?
B.
Apa
saja Macam macam Naa’ibul Faa’il?
III. PEMBAHASAN
A.
Pengertian Naa’ibul Fail
وهو الإسم المرفوع الذى لم
يذكر معه فاعله فإن كان الفعل ماضيا ضم أوله وكسر ما قبل أخره وإن كان مضارعا ضم
اوله وفتح ما قبل أخره
Naa’ibul
Fail adalah isim yang dibaca rofa’ yang fa’ilnya tidak
disebutkan bersamanya. Jika fi’ilnya berupa fi’il madhi
maka huruf yang pertama dibaca dhomah
dan huruf sebelum akhir dibaca kasroh, dan jika fi’ilnya
berupa fi’il mudhori’ maka huruf yang pertama dibaca dhomah dan
huruf sebelum akhir dibaca fathah[1]. Terkadang disebut juga sebagai al fi’lu al majhul dan terkadang dinamakan al fi’lu
alladhi lam yusamma fa’iluhu[2]
Contoh:
ضُرِبَ زَيْدٌ- يُضْرَبُ زَيْدٌ- أُكْرِمَ عَمْرٌ- يُكْرَمُ عَمْرٌ
Dalam hal ini kedudukan fail digantikan oleh maf’ul
bih yaitu maful bih harus dirafa’kan serta tidak boleh
dibuang dan wajib diakhirkan dari amil yang merafa’kannya seperti
yang tertulis dalam Syarah Ibnu Aaqil:[3]
يحذف
الفاعل ويقام مقامه فيعطى ما كان للفاعل من لزوم الرفع ووجوب التأخر عن رافعه وعدم
جوازحذفه
Apabila
mafu’l bihnya tidak ada maka dhorof atau masdar
atau jer majrurlah yang menggantikan kedudukannya.[4] Contoh:
جُلِسَ اَمَامَكَ
- صِيْمَ رَمَضَانَ– وَلَمَّ سُقِطَ فِي أَيْدِ يْهِمْ – فَإِذَا نُفِخَ
فِى الصُّوْرِ نَفْخَةٌ وَحِدَةٌ
B.
Macam-macam Naa’ibul Fa’il
a.
Jika
fi’ilnya didahului oleh ta’ muthowa’ah maka huruf yang dibaca dhomah
yaitu huruf yang pertama dan kedua, contoh:
تَدَخْرَجَ- تُدُخْرِجَ/ تَكَسَّرَ- تُكُسِّرَ
b.
Apabila
fi’il nya didahului oleh hamzah washol maka huruf yang
dibaca dhomah huruf pertama dan ketiga, Contoh:
إِنْطَلَقَ-
أُنْطُلِقَ / إِسْتَحْلَى- اُسْتُحْلِى
c.
Apabila
fi’il nya berupa fi’il tsulasi yang mu’tal ain (ain
fi’ilnya berupa huruf illat)
maka dalam hal ini terdapat 3 macam cara
membacanya yaitu:
1.
Dibaca
kasroh, Contoh:
قَالَ- قِيْلَ /
بَاعَ- بِيْعَ
2.
Dibaca
dhomah, Contoh:
قَالَ-
قُوْلَ / بَاعَ- بُوْعَ
3.
Isymam Yaitu membaca antara harokat dhomah dan kasroh,
Contoh:
وَقِيْلَ
يَاأَرْضُ اَبْلَعِى مَاءَكِ وَيَاسَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيْضَ اْلمَاءَ
d.
Apabila
fi’il tsulasi yang mu’tal ain yang disandarkan
kepada dhomir mutakalim, dhomir mukhotob atau dhomir
ghoib dalam hal ini dibagi 2:
a.
Apabila
huruf illatnya wawu maka hanya boleh dibaca kasroh dan isymam, Contoh:
صُمْتُ
/ صِمْتُ
b.
Apabila
huruf illatnya berupa ya’ maka hanya boleh dibaca dhomah dan isymam,
Contoh:
بُعْتُ / بِعْتُ
e.
Apabila
fi’ilnya berwazan infa’ala/iftaala maka dalam hal ini hukumnya disamakan dengan
lafadz ba’a yaitu boleh kasroh, dhomah atau isymam. Sedangkan huruf
hamzah-hamzahnya disesuaikan dengan bacaan-bacaannya[5].
Contoh:
اِنْقَادَ : اُنْقُوْ دَ - اِنْقِيْدَ / اِخْتَارَ : اُخْتُوْرَ – اِخْتِيْرَ
$ygr'¯»t
tûïÏ%©!$#
(#qãZtB#uä
|=ÏGä. ãNà6øn=tæ
ãP$uÅ_Á9$#
$yJx.
|=ÏGä.
n?tã
úïÏ%©!$#
`ÏB
öNà6Î=ö7s%
öNä3ª=yès9
tbqà)Gs?
ÇÊÑÌÈ
=ÏGä. ãNà6øn=tæ
ãA$tFÉ)ø9$#
uqèdur
×nöä.
öNä3©9
( #Ó|¤tãur
br&
(#qèdtõ3s?
$\«øx©
uqèdur
×öyz
öNà6©9
( #Ó|¤tãur
br&
(#q6Åsè?
$\«øx©
uqèdur
@°
öNä3©9
3 ª!$#ur
ãNn=÷èt
óOçFRr&ur
w
cqßJn=÷ès?
ÇËÊÏÈ
z`Îiã
Ĩ$¨Z=Ï9
=ãm
ÏNºuqyg¤±9$#
ÆÏB
Ïä!$|¡ÏiY9$#
tûüÏZt6ø9$#ur
ÎÏÜ»oYs)ø9$#ur
ÍotsÜZs)ßJø9$#
ÆÏB
É=yd©%!$#
ÏpÒÏÿø9$#ur
È@øyø9$#ur
ÏptB§q|¡ßJø9$#
ÉO»yè÷RF{$#ur
Ï^öysø9$#ur
3 Ï9ºs
፯tFtB
Ío4quysø9$#
$u÷R9$#
( ª!$#ur
¼çnyYÏã
ÚÆó¡ãm
É>$t«yJø9$#
ÇÊÍÈ ¨bÎ)
tûïÏ%©!$#
(#rãxÿx.
(#qè?$tBur
öNèdur
Ö$¤ÿä.
`n=sù
@t6ø)ã
ô`ÏB
NÏdÏymr&
âäö@ÏiB
ÄßöF{$#
$Y6yds
Èqs9ur
3ytGøù$#
ÿ¾ÏmÎ/
3 y7Í´¯»s9'ré&
óOßgs9
ë>#xtã
ÒOÏ9r&
$tBur
Nßgs9
`ÏiB
tûïÎÅÇ»¯R
ÇÒÊÈ
*
@ä.
ÏQ$yè©Ü9$#
tb$2
yxÏm
ûÓÍ_t6Ïj9
@ÏäÂuó Î)
wÎ)
$tB
tP§ym
ã@ÏäÂuó Î)
4n?tã
¾ÏmÅ¡øÿtR
`ÏB
È@ö6s%
br&
tA¨t\è?
èp1uöqG9$#
3 ö@è%
(#qè?ù'sù
Ïp1uöqG9$$Î/
!$ydqè=ø?$$sù
bÎ)
öNçGZä.
úüÏ%Ï»|¹
ÇÒÌÈ
ßÌã
ª!$#
br&
y#Ïeÿsä
öNä3Ytã
4 t,Î=äzur
ß`»|¡RM}$#
$ZÿÏè|Ê
ÇËÑÈ
öqs9ur
#ts?
øÎ)
(#qàÿÏ%ãr
n?tã
Í$¨Z9$#
(#qä9$s)sù
$uZoKøn=»t
tçR
wur
z>Éjs3çR
ÏM»t$t«Î/
$oYÎn/u
tbqä3tRur
z`ÏB
tûüÏZÏB÷sçRùQ$#
ÇËÐÈ
y7¯=yèn=sù
88Í$s?
uÙ÷èt/
$tB
#yrqã
øs9Î)
7,ͬ!$|Êur
¾ÏmÎ/
x8âô|¹
br&
(#qä9qà)t
Iwöqs9
tAÌRé&
Ïmøn=tã
î\x.
÷rr&
uä!$y_
¼çmyètB
î7n=tB
4 !$yJ¯RÎ)
|MRr&
ÖÉtR
4 ª!$#ur
4n?tã
Èe@ä.
&äóÓx«
î@Å2ur
ÇÊËÈ
@Ï%ur
ÞÚör'¯»t
ÓÉën=ö/$#
Ï8uä!$tB
âä!$yJ|¡»tur
ÓÉëÎ=ø%r&
uÙÏîur
âä!$yJø9$#
zÓÅÓè%ur
ãøBF{$#
ôNuqtFó$#ur
n?tã
ÄdÏqègø:$#
( @Ï%ur
#Y÷èç/
ÏQöqs)ù=Ïj9
tûüÏJÎ=»©à9$#
ÇÍÍÈ
@Ï%ur
ÞÚör'¯»t
ÓÉën=ö/$#
Ï8uä!$tB
âä!$yJ|¡»tur
ÓÉëÎ=ø%r&
uÙÏîur
âä!$yJø9$#
zÓÅÓè%ur
ãøBF{$#
ôNuqtFó$#ur
n?tã
ÄdÏqègø:$#
( @Ï%ur
#Y÷èç/
ÏQöqs)ù=Ïj9
tûüÏJÎ=»©à9$#
ÇÍÍÈ t,Î=äz
ß`»|¡RM}$#
ô`ÏB
9@yftã
4 öNä3Í'ré'y
ÓÉL»t#uä
xsù
Âcqè=Éf÷ètGó¡n@
ÇÌÐÈ
#sÎ*sù
tÉ)çR
Îû
Íqè%$¨Z9$#
ÇÑÈ
ö@è%
(#qãèÏÛr&
©!$#
(#qãèÏÛr&ur
tAqߧ9$#
( cÎ*sù
(#öq©9uqs?
$yJ¯RÎ*sù
Ïmøn=tã
$tB
@ÏiHäq
Nà6øn=tæur
$¨B
óOçFù=ÏiHäq
( bÎ)ur
çnqãèÏÜè?
(#rßtGôgs?
4 $tBur
n?tã
ÉAqߧ9$#
wÎ)
à÷»n=t7ø9$#
ÚúüÎ7ßJø9$#
ÇÎÍÈ z`Ï%©!$#ur
cqçGÎ6t
óOÎgÎn/tÏ9
#Y¤fß
$VJ»uÏ%ur
ÇÏÍÈ
IV. KESIMPULAN
1.
Naa’ibul
fa’il adalah isim yang dibaca rofa’ yang fa’ilnya tidak
disebutkan bersamanya Jika fi’ilnya berupa fi’il
madhi maka huruf yang pertama dibaca dhomah dan huruf sebelum akhir dibaca kasroh,
dan jika fi’ilnya berupa fi’il mudhori’ maka huruf yang pertama
dibaca dhomah dan huruf sebelum akhir dibaca fathah.
2.
Macam-macam
naa'ibul fail:
a. Jika fi’ilnya didahului oleh ta’ muthowa’ah maka
huruf yang dibaca dhomah yaitu huruf yang pertama dan kedua
b. Apabila fi’il nya didahului oleh hamzah washol
maka huruf yang dibaca dhomah huruf pertama dan ketiga
c.
Apabila fi’il nya berupa fi’il
tsulasi yang mu’tal ain (ain fi’ilnya berupa
huruf illat) maka dalam hal ini terdapat 3 macam cara membacanya
yaitu: Dibaca kasroh, dhomah,Isymam (membaca antara harokat dhomah dan kasroh).
d. Apabila fi’il tsulasi yang mu’tal ain yang
disandarkan kepada dhomir mutakalim, dhomir mukhotob
atau dhomir ghoib dalam hal ini dibagi 2 yaitu: apabila huruf illatnya
wawu maka hanya boleh dibaca kasroh dan isymam,dan apabila
huruf illatnya berupa ya’ maka hanya boleh dibaca dhomah dan isymam,
e.
Apabila fi’ilnya berwazan infa’ala/iftaala
maka dalam hal ini hukumnya disamakan dengan lafadz ba’a yaitu boleh kasroh,
dhomah atau isymam. Sedangkan huruf
hamzah-hamzahnya disesuaikan dengan bacaan-bacaannya.
V. PENUTUP
Demikianlah makalah yang kami susun, kami
menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam menyusun makalah ini.
Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi
kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pambaca.
DAFTAR PUSTAKA
Muhammad, Jamaluddin bin abdillah bin malik, Syarah Al Allamah Ibnu Aqil, Semarang: Pustaka Alawiyah, T.Th
As-Sonhaji, Muhammad bin Muhammad Daud, Al
Ghuroru Al Baghiyyah Ala Matni Al jurumiyah Fi Ilmi An-Nahwi, Rembang:
Madrasah Ghazaliyah As-Syafiiyyah, 1418 H
[1]
Muhammad
bin Muhammad Daud As-Sonhaji, Al Ghuroru
Al Baghiyyah Ala Matni Al jurumiyah Fi Ilmi An-Nahwi, (Rembang: Madrasah
Ghazaliyah As-Syafiiyyah, 1418 H), hlm.28
[3]
Jamaluddin Muhammad bin abdillah bin malik, Syarah
Al Allamah Ibnu Aqil, (Semarang: Pustaka Alawiyah, T.Th), hlm.69
[5] Op.Cit,
hlm.69-70
Tidak ada komentar:
Posting Komentar