Coretan-coretan sang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang......

Senin, 17 Maret 2014

Isim Mu'rob dan Isim Mabni

المعربات والمبنيات من الاسماء (رفع, نصب, جر)

MAKALAH
Mata Kuliah: Nahwu I
Dosen: Ahmad Zuhruddin, M.Ag.







Disusun oleh:
Achmad Zuhri                        113211001
Ahmad Basuki                        113211002
Anis Ulfatush Shihhah            113211004

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
FAKULTAS TARBIYAH
2012


قَالَ العلماءُ : التَّوْبَةُ وَاجبَةٌ مِنْ كُلِّ ذَنْب ، فإنْ كَانتِ المَعْصِيَةُ بَيْنَ العَبْدِ وبَيْنَ اللهِ تَعَالَى لاَ تَتَعلَّقُ بحقّ آدَمِيٍّ فَلَهَا ثَلاثَةُ شُرُوط :أحَدُها : أنْ يُقلِعَ عَنِ المَعصِيَةِ .والثَّانِي : أَنْ يَنْدَمَ عَلَى فِعْلِهَا .والثَّالثُ : أنْ يَعْزِمَ أَنْ لا يعُودَ إِلَيْهَا أَبَداً . فَإِنْ فُقِدَ أَحَدُ الثَّلاثَةِ لَمْ تَصِحَّ تَوبَتُهُ.
وإنْ كَانَتِ المَعْصِيةُ تَتَعَلقُ بآدَمِيٍّ فَشُرُوطُهَا أرْبَعَةٌ : هذِهِ الثَّلاثَةُ ، وأنْ يَبْرَأ مِنْ حَقّ صَاحِبِها ، فَإِنْ كَانَتْ مالاً أَوْ نَحْوَهُ رَدَّهُ إِلَيْه ، وإنْ كَانَت حَدَّ قَذْفٍ ونَحْوَهُ مَكَّنَهُ مِنْهُ أَوْ طَلَبَ عَفْوَهُ ، وإنْ كَانْت غِيبَةً استَحَلَّهُ مِنْهَا . ويجِبُ أنْ يَتُوبَ مِنْ جميعِ الذُّنُوبِ ، فَإِنْ تَابَ مِنْ بَعْضِها صَحَّتْ تَوْبَتُهُ عِنْدَ أهْلِ الحَقِّ مِنْ ذلِكَ الذَّنْبِ وبَقِيَ عَلَيهِ البَاقي . وَقَدْ تَظَاهَرَتْ دَلائِلُ الكتَابِ والسُّنَّةِ ، وإجْمَاعِ الأُمَّةِ عَلَى وُجوبِ التَّوبةِ .
قالَ تَعَالَى : { اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ } [ هود : 3 ] ، وَقالَ تَعَالَى: { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحا }  التحريم : 8
عن الأَغَرِّ بنِ يسار المزنِيِّ - رضي الله عنه - ، قَالَ : قَالَ رَسُول الله - صلى الله عليه وسلم - : (( يَا أَيُّهَا النَّاسُ ، تُوبُوا إِلى اللهِ واسْتَغْفِرُوهُ ، فإنِّي أتُوبُ في اليَومِ مئةَ مَرَّةٍ )) رواه مسلم
 رياض الصالحين - (ج 1 / ص 22(
A.  Isim Mu’rob
الاعراب هو تغيير اواخر الكلم لاختلاف العوامل الداخلة عليها لفظا او تقديرا
I’rob adalah perubahan akhir kata, karena perbedaan amil yang memasukinya, baik secara lafadz ataupun diperkirakan keberadaannya.
Sebagaimana kalimat isim ada yang mu’rob dan mabny. Al-Mu’robaat al-Asma adalah suatu isim yang tidak serupa dengan kalimat isim dan selamat dari keserupaan. Isim mu’rob atau isim mutamakin itu ada dua macam: 1) isim mutamakin imkan atau mu’rob munshorif, 2) isim mutamakin ghoiru imkan atau mu’rob ghoiru munshori.

B.   Macam-macam isim mu’rob
1.  Mu’rob dengan harokat
a.    Isim mufrod munshorif
اسم المفرد : الاسم يدل على معنى واحدة ويقبل التنوينق
Isim mufrod adalah kalimah isim yang menunjukkan arti tunggal dan menerima tanwin. Ketika tingkah rafa’ dialamati dengan  harokat dhomah, seperti جاء محمد , ketika tingkah nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti رايت محمد dan ketika tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti مررت بمحمد.
b.    Jama’ taktsir munshorif
جمع تكثير : الاسم يدل على المعنى الكثيرة ويتغير من اصل مفرده
Jama’ taktsir adalah kalimah isim yang bermakna jama’ atau banyak dan berubah dari asal mufrodnya. Ketika tingkah rafa’ dialamati dengan  harokat dhomah,seperti جاء الاساتذ  ketika tingkah nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti رايت الاساتذ dan ketika tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti جلسنا علي الكرسي.
c.  Jama’ muannas salim
جمع المؤنث السالم : الاسم يدل ؤنث السالم : الاسم يدل على المعنى الكثيرة ويسلم من اصل مفرده
Jama’ muannas salim adalah kalimat isim yang menunjukkan arti banyak dan selamat dari perubahan asal mufrodnya. Ketika tingkah rafa’ dialamati dengan  harokat dhomah,seperti جاء المسلمات, ketika tingkah nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti رايت المسلمات dan ketika tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti مررت بالمسلمات.
d.   Isim ghoiru munshorif
اسم غيرالمنصرف : الاسم الذي لا يقبل علي التنوينق
Isim ghoiru munshorif adalah kalimah isim yang tidak menerima tanwin. Ketika tingkah jar dialamati dengan harokat fathah, seperti مررت باحمد.

2.  Mu’rob dengan huruf
a. Isim tasniyyah
اسم  تثنية : ما دل على اثنين ,بزيادة الف ونون في حالة الرفع , او ياء ونون في حالة النصب والجر,اغنت عن العاطف والمعطوف صالح للتجريد وعطف مثله عليه
Adalah isim yang menunjukkan arti dua, dengan tambahan huruf  alif dan nun ketika rafa’, atau ya’ nun ketika nasob/jar. Yang mencukupi dari huruf athaf dan lafadz yang diatafkan, tambahan tersebut pantas dihilangkan dan mengathofkan sesamanya lafadz pada lafadz tersebut.
Contoh:
جاء التلميذان الى المدرسة (رفع) , نظرت المرئتَينِ الجميلتينِ (نصب), ذهبت الى المكتبة مع الرجلينِ(جر)
Ada beberapa kalimah yang disebut dengan mulhq isim tasniyyah, ada yang tanpa syarat seperti lafadz  اثنان,اثنتان,ابوان,  dan ada pula yang harus memenuhi persyaratan harus harus dimudlofkan pada isim dlomir yaitu lafadz كلا,كلتا
b.  Jama’ mudzakkar salim
جمع مذكر سالم : ما دل على اكثرمن اثنين ,بزيادة واو ونون في حالة الرفع , او ياء ونون في حالة النصب والجر
Adalah isim yang menunjukkan arti lebih dari dua, dengan tambahan waw dan nun ketika rafa’, atau ya’ nun ketika nasob dan jar.
Contoh:
يصلى المسلمون فى المسجد (رفع), ان المجاههدينَ يجاهدون في سبيل الله (نصب), القران شفاء للمسلمينَ (جر)
          Ada beberapa lafadz yang dikatakan sebagai mulhaq jama’ mudzakar salim, I’robnya disamakan persis dengan jama’ mudzakar salim, yaitu rafa’ ditandai wawu, nashob dan jar ditandai ya’ . Lafadz tersebut antara lain :
عشرون, اهلون, عليون, ارضين, سنون, عالمون, وما سواها
c. Asma’ sittah
اسماء ستة : اب ,اخ, حم, فو,ذو, هن .فترفع بالواو,وتنصب بالالف,وتجر بالياء
Asma’ sittah adalah lafadz abun, akhun, chamun, fu, dzu, dan hanu. Dirafa’kan dengan wawu, nasob dengan alif, dan jar dengan ya’. Asma’ sittah harus memenuhi 4 syarat yaitu:
1) Harus dimudlofkan
2) Dimudlofkan pada selain ya’ mutakallim
3) Lafadznya tidak ditashghir (wazan fu’ailun)
4) harus berbentuk mufrod
ان اخاك ذو مال ,هو يزور الى ابيك
C.  Ismu al-Mabni
1.    Pengertian Ismu al-Mabni
البناء هو لزوم اواخر الكلم حركة او سكونا وانواعه ضم و فتح وكسر وسكون
Bina’/ mabni adalah kata yang huruf akhirnya senantiasa tetap (tidak berubah),  ada 4 macam mabni, yaitu: dhom, fath, kasr, dan sukun
البناء هو لزوم اواخر الكلم حركة او سكونا وانواعه ضم و فتح وكسر وسكون
Bina’/ mabni adalah kata yang huruf akhirnya senantiasa tetap (tidak berubah),  ada 4 macam mabni, yaitu: dhom, fath, kasr, dan sukun
2.    Isim-isim yang dibaca mabni antara lain:
a.       Isim dhomir
Isim dhomir (kata ganti)adalah isim yang hukumnya mabni seperti lafal: انَا, انت, هو  Lafal tersebut adalah contoh dari isim dhomir.
b.      Isim isyaroh
Isim isyaroh (kata tunjuk)adalah isim yang digunakan untuk memberi isyarat pada sesuatu yang di isyarohi(musyaroh ilaih) dan  selalu mabni seperti lafal :  هذا هذه هؤلأ  tetapi  apabila isim isyaroh menunjukkan makna dua atau tastniyah maka isim isyaroh tersebut menjadi mu’rob yaitu dengan tanda apabila rafa’ dengan alif nasab dan jer dengan huruf ya’ Contohnya: هذه الشجرة كبيرة
c.       Isim mausul
Isim mausul adalah isim yang selamanya butuh shilah dan  (kata penghubung)  .sama halnya dngan isim isyaroh apabila isim mausul menunjukkan makna dua/mutsanna maka isim tersebut mu’rob.rofa’nya dengan alif,nasab dan jernya dengan ya’.
Macam-macamnya antara lain:   الذى, الذين, التي ,اللاتي ,ما, من . Contohnya:  هو الذى خلقكم من نفس واحدة
d.      Isim syarat
Isim syarat yaitu isim yang diletakkan didepan dua kalimat yang mana kalimat kedua merupakan akibat atau jawaban dari jumlah yang pertama.
Adad syarat ada dua :
1)   Adad syarat yang menjazmkan dua fi’il
Antara lain:    من, مهما, متى, انى, اين, اينما, أيان, حيثما, كيفما
Contohnya :  اينما  تكونوا يدرككم الموت
2)   Adad syarat yang tidak menjazmkan
Antara lain:  لوما , لولا, إذا, أما, لو
Contohnya: يعدل الأمير يحبه الشعب لو
Adad-adad  syarat tersebut di atas adalah isim kecuali لو  adalah harf
Jawab syarat wajib disertai fa’ (الفا) contohnya:  من  غش امتي فعليه لعنة الله
e.        Isim istifham
Isim istifham adalah isim yang digunakan untuk menanyakan sesuatu.
Isim istifham antara lain:  ما, ماذا,اين, ايان, كيف, اني, كم ,متى,اي, من
f.       Dharaf[1]
Zharaf adalah isim yang menunjukkan arti waktu atau tempat terjadinya suatu kejadian.
Zharaf ada dua macam:
a)      Zharaf  zaman antara lain:  إذا, متى, إذ,  امس , الان,  مذ, منذ, بين, بينما
b)      Zharaf makan antara lain: حيث ,هنا, هناك ,اين, انى




[1]  Muh Thalib, Tata Bahasa Arab, (Bandung: PT.Ma’arif,1994), hlm. 64-66

Tidak ada komentar:

Posting Komentar